Kenali, Ini 5 Potensi Desa yang Dapat Dioptimalkan

Kenali, Ini 5 Potensi Desa yang Dapat Dioptimalkan is free HD wallpaper. This wallpaper was upload at November 12, 2018 upload by carlespen in Uncategorized.

Kenali, Ini 5 Potensi Desa yang Dapat Dioptimalkan
Kenali, Ini 5 Potensi Desa yang Dapat Dioptimalkan

Download by size:Handphone Tablet Desktop (Original Size)

Kenali, Ini 5 Potensi Desa yang Dapat Dioptimalkan

Pengertian Potensi desa sebagaimana yang penulis kutip dari klutuk-tambakboyo adalah segala sumber daya alam (SDA) maupun sumber daya manusia (SDM) yang terdapat serta tersimpan di desa. Dimana semua sumber daya tersebut dapat di dayagunakan untuk perkembangan dan kelangsungan desa. Potensi desa terbagi menjadi 2 (dua) yaitu potensi fisik dan potensi nonfisik.

Dikutip dari cnnindonesia, berikut ini 5 Potensi Desa yang Dapat Dioptimalkan:

  • Sumber Air.

Masyarakat pedesaan seringkali menganggap spele sumber air. Padahal, sumber air mempunyai nilai ekonomis yang cukup tinggi.

“Kalau di perkotaan, air termasuk dalam faktor produksi. Air itu mempengaruhi produksi, di desa itu tidak terasa. Padahal manfaat untuk produktivitas itu tinggi.

Air, dapat dimanfaatkan untuk kegiatan hilirisasi pangan, peternakan, dan pembangkit listrik. Namun, masyarakat desa seringkali tak sadar bahwa air merupakan sumber produksi bagi banyak kegiatan usaha.

Masyarakat kurang (memiliki jiwa) pengusaha. Orang jarang jeli melihat potensi air, sehingga banyak air menganggur di pedesaan.

  • Furnitur.

Masyarakat desa juga tak sadar bahwa kayu bekas peralatan kerja dapat diolah menjadi furnitur yang layak jual. Banyak material kayu yang menganggur, kayu, bambu, dan pohon kelapa yang menganggur itu tidak dimanfaatkan. Itu potensial.

Masyarakat pedesaan dapat menjual produk olahan itu ke kota. Andrinof bilang banyak masyarakat kota yang membutuhkan peralatan rumah tangga berbahan dasar kayu.

  • Lahan.

Banyak lahan yang tak digunakan di desa. Sementara, ada berbagai pilihan bagi masyarakat desa memanfaatkan lahan tersebut. Lahan juga masih banyak yang tidak dioptimalkan. Banyak pilihan memanfaatkan atau kegiatan produktif agar lebih optimal.

  • Potensi hilirisasi dari tanaman dan buah-buahan.

Hal itu dapat memberikan nilai tambah dan lapangan pekerjaan bagi masyarakat desa.

  • Pariwisata.

Kebanyakan masyarakat kelas menengah ke atas seringkali berkunjung ke desa untuk berlibur. Kalau pedesaan ditambahkan fasilitas-fasilitas kemudian sistem pelayanan, itu potensi besar mendapatkan penghasilan dari sektor pariwisata.

Secara keseluruhan, pemerintah seyogianya memberikan prioritas terhadap kota dan desa dalam mengatasi ancaman resesi akibat pandemi virus covid-19. Ini karena kota dan desa memang saling berkaitan.

Kota dan Desa dua-duanya merupakan prioritas. Harus sama-sama gerak, harus berkolaborasi semua. Hubungan kota dan desa tidak dapat diputus.

Kenali, Ini 5 Potensi Desa yang Dapat Dioptimalkan in your computer by clicking resolution image in Download by size:. Don't forget to rate and comment if you interest with this wallpaper.

Tags: