Keterampilan Mengajar Kelompok Kecil dan Perseorangan

Keterampilan Mengajar Kelompok Kecil dan Perseorangan is free HD wallpaper. This wallpaper was upload at November 02, 2018 upload by carlespen in Download.

Keterampilan Mengajar Kelompok Kecil dan Perseorangan
Keterampilan Mengajar Kelompok Kecil dan Perseorangan

Download by size:Handphone Tablet Desktop (Original Size)

A. Keterampilan Mengajar Kelompok Kecil dan Perseorangan

Keterampilan mengajar kelompok kecil dan perseorangan adalah kecakapan menanamkan pengetahuan yang dilakukan pada sekelompok siswa dan pada siswa secara individu. Mengajar kelompok kecil dan perorangan merupakan suatu bentuk pembelajaran yang memungkinkan guru memberikan perhatian terhadap setiap peserta didik, dan menjalin hubungan yang lebih akrab antara guru dengan peserta didik maupun antara peserta didik dengan peserta didik. Khusus dalam melakukan pembelajaran perorangan perlu diperhatikan kemampuan dan kematangan berfikir peserta didik, agar apa yang disampaikan bisa diserap dan diterima oleh peserta didik. Berdasarkan wawancara dengan Ibu Rohana, S.Ag Kepala Madrasah Ibtidaiyah Negeri 51 Bireuen bahwa menurut beliau:

Keterampilan dasar mengajar kelompok kecil dan perorangan merupakan salah satu cara yang dapat di lakukan oleh guru MIN 51 Bireuen untuk dapat memfasilitasi system pembelajaran yang di butuhkan oleh siswa baik secara klasikal maupun individu. Oleh karena itu keterampilan mengajar ini harus  di latih dan di kembangkan, sehingga para calon guru atau guru dapat memiliki banyak pilihan untuk dapat melayani siswa dalam melakukan proses pembelajaran.[1]

Dalam usaha meningkatkan mutu pendidikan, perlu suatu perbuatan yang bersifat memanusiawikan pendidikan. Artinya bahwa perbedaan individu (siswa) perlu mendapatkan perhatian yang memadai. Dalam pengajaran yang klasikal pada dasarnya kebutuhan masing-masing siswa tidak dapat dilayani oleh guru karena semua anak di perlakukan sama. Berdasarkan pengakuan Ibu Futhaimi, A.Ma guru PAI MIN 51 Bireuen bahwa menurut beliau:

Memang bukan cara yang mudah untuk dapat mengajar yang menyesuaikan dengan setiap karakteristik siswa yang berbeda-beda itu, karena guru sebagai manusia tidak lepas dari kelebihan dan kekurangan. Paling tidak dengan profesionalisme, guru harus berusaha dalam mengajar siswa tersebut dengan memperhatikan perbedaan siswa secara individu. Disinalah keterampilan mengajar kelompok kecil dan perorangan solusinya.[2]

Tugas guru dalam membimbing pembelajaran idealnya harus disesuaikan dengan karakteristik siswa, sehingga setiap siswa dari berbagai perbedaan yang dimilikinya secara adil dapat dilayani secara optimal oleh guru. Guru tidak hanya senang melayani anak yang memiliki kecerdasan tinggi, tapi secara demokratis bagaimana mampu melayani siswa yang tergolonh sedang maupun rendah. Selanjutnya penulis juga mewawancarai Ibu Saedah, S.Pd.I Wakil Kepala Madrasah Bidang Kesiswaan, menurut penuturan beliau:

Pada dasarnya, siswa mempunyai karakteristik yang sangat berbeda satu dengan lainnya. Untuk melayani perbedaan ini, diperlukan variasi pengorganisasian kegiatan klasikal, kelompok kecil, dan perorangan. Pengajaran kelompok kecil dan perorangan hanya mungkin terwujud jika terpenuhi syarat-syarat berikut. Pertama, Ada hubungan yang sehat dan akrab antara guru-siswa dan antar siswa. Kedua, Siswa belajar dengan kecepatan, kemampuan, cara, dan minat sendiri. Ketiga, Siswa mendapat bantuan sesuai dengan kebutuhannya. Keempat, Siswa dilibatkan dalam perencanaan belajar. Kelima, Guru dapat memainkan berbagai peran.[3]

Perkembangan teknologi yang semakin hari semakin pesat seorang guru dituntut untuk lebih menambah kualitas ilmu dengan banyak belajar dari berbagai sumber ilmu yang dimiliki oleh guru harus diajarkan kepada siswa dengan ketrampilan mengajar yang baik. Selain hanya pengetahuan ilmu yang harus ditambah guru juga harus menguasai beberapa ketrampilan mengajar. Karena setinggi-tingginya ilmu yang dimiliki oleh seorang guru jika guru tersebut tidak memiliki ataupun menguasai ketrampilan dalam mengajar maka akan sulit bagi siswa untuk menyerap ilmu yang telah diajarkan oleh guru tersebut.

[1] Rohana, S.Ag, Kepala Madrasah Ibtidaiyah Negeri  51 Bireuen, Wawancara di Sekolah, 25 Juli 2018.

[2] Futhaimi, A.Ma, Guru Madrasah Ibtidaiyah Negeri  51 Bireuen, Wawancara di Sekolah, 25 Juli 2018.

[3] Saedah, S.Pd.I, Wakil Kepada Madrasah Ibtidaiyah Negeri  51 Bireuen Bidang Kesiswaan, Wawancara di Sekolah, 25 Juli 2018.

Keterampilan Mengajar Kelompok Kecil dan Perseorangan in your computer by clicking resolution image in Download by size:. Don't forget to rate and comment if you interest with this wallpaper.