Mengenal Sistem Zonasi Ala Jepang! Pasukan Berjaket Kuning?

Mengenal Sistem Zonasi Ala Jepang! Pasukan Berjaket Kuning? is free HD wallpaper. This wallpaper was upload at November 29, 2018 upload by carlespen in Uncategorized.

Mengenal Sistem Zonasi Ala Jepang! Pasukan Berjaket Kuning?
Mengenal Sistem Zonasi Ala Jepang! Pasukan Berjaket Kuning?

Download by size:Handphone Tablet Desktop (Original Size)

Jepang merupakan salah satu negara terbaik yg menerapkan sistem zonasi. Wajib belajar pada Jepang 9 tahun, yaitu 6 tahun pada SD dan tiga tahun SMP.

Mengenal Sistem Zonasi Ala Jepang! Tidak Ada Les?

Tidak terdapat kehebohan yang berarti yg terjadi pada orang tua menjelang tahun ajaran baru, lantaran semua anak akan diterima pada sekelah negeri yg terdekat rumahnya. Tidak terdapat anak & orang tua yg gigit jari karena nir kebagian kursi sekolah.

Sistem Informasi Kependudukan telah sangat berjalan baik. Setiap penduduk baik penduduk orisinil juga pendatang akan terdata semua identitasnya, termasuk penghasilannya.

Sebagai pendatang, dalam tahun 2017 kami dikejutkan oleh kedatangan surat dari pos yg ditujukan kepada anak kami yang berusia 6 tahun. Tertulis nama anak kami, bukan nama kami orang tuanya. Rupanya surat itu berisi liputan bahwa tahun ajaran 2017 anak kami harus sekolah pada SD negeri Morinosato, kurang lebih 300 meter menurut apartemen kami.

Kamipun tiba ke sekolah yg dimaksud, rupanya sekolah telah memgetahui akan kehadiran kami menurut jua menurut pemerintah.

Mengapa sistem zonasi tidak mengalami gejolak dan penolakan berdasarkan masyarakatnya?

1. Semua sekolah sama standar kualitasnya

Mengenal Sistem Zonasi Ala Jepang! Tidak Ada Les?

Tidak saja proses belajar mengajarnya yang dibentuk sama standarnya, tetapi fasilitas fisik gedungpun sama. Misalnya semua sekolah punya lapangan olah raga yg sama ukurannya, semua mempunyai kolam renang, seluruh memiliki gedung serba guna, loker sepatu, loker tas, meja dan kursi belajar sama, papan tulis magnetik sama, WC yg sama baiknya, dsb.

Bahkan soal ulanganpun semua dibentuk sama dengan kertas HVS 80 gr full warna. Anak-anak tertarik dengan gambar yang berwarna. Jarang sekali ada soal multiple choice

apabila melihat fasilitas fisik gedungnya & pula fasilitas belajar mengajarnya, maka nir galat Jepang sebagai negara maju karena kualitas pendidikan sangat diprioritaskan pemerintahnya.

2. Guru dirolling

Mengenal Sistem Zonasi Ala Jepang! Tidak Ada Les?

Saya melihat dengan mata kepala sendiri bagaimana profesionalnya pengajar mengajar dan bertanggung jawab terhadap tugasnya. Bahan ajarnya banyak, retorika mengajarnya nir membosankan, & mereka kadang bekerja hingga malam buat mempersiapkan keperluan proses belajar mengajar.

Seluruh guru mempunyai kompetensi mengajar sebagai akibatnya sanggup dikatakan tidak ada pengajar yg bekerja dari asalan. Para guru itu dan juga kepala sekolah dirolling ke seluruh sekolah. Jadi nir terdapat guru pada sekolah sini indah sedangkan di sekolah sana nir indah.

3. Infrastruktur sangat mendukung

Mengenal Sistem Zonasi Ala Jepang! Tidak Ada Les?

Orang tua nir akan cemas melepas anaknya yang baru berusia 6 tahun berjalan kaki sejauh 1-dua km ke sekolah karena tersedia jalan khusus buat pejalan kaki. Jika ada penyebrangan, ada lampu merah yang berfungsi dengan baik dan ditaati semua pengendara.

Selain alasan pada atas, hal menarik yg membuat sistem zonasi berhasil pada Jepang antara lain:

1. Proses belajar mengajar sama pada seluruh sekolah

Mengenal Sistem Zonasi Ala Jepang! Tidak Ada Les?

Mulai menurut Nyugaku Shiki (penyambutan siswa baru), sampai program Sotsugyo Shiki (upacara kelulusan anak didik kelas 6) semua sama prosesinya pada semua sekolah. Termasuk kegiatan misalnya Ensoku (karya wisata), Undokai (semacam pekan olah raga), Jugyo Sankan (semacam open group), Gasshuku (kelas 6 menginap pada luar kota selama dua malam), termasuk aktifitas rutin lain misalnya Asanokai (apel pagi), Owarino Kai (apel sore), Soji (aktivitas bersih-higienis sekolah).

Jam masuk dan jam keluar jua seluruh sama, nir terdapat pelajaran tambahan (les) dari guru di luar jam pelajaran. Seluruh sekolah siswanya setiap hari makan siang & menerima satu kotak susu segar pada sekolah.

Sepertinya aktivitas PBM telah baku sama semuanya sinkron kurikulum yang berlaku.

Dua. Komite sekolah, volunteer dan masyarakat peduli terhadap pendidikan

Mengenal Sistem Zonasi Ala Jepang! Tidak Ada Les?

Setiap pagi & sore hari umumnya pada perempatan akan terdapat volunteer yg menggunakan jaket kuning membantu anak-anak menyeberang & menjaganya. Para pengendara bermotor pula sangat menjaga & mendahulukan anak sekolah yang menyeberang. Jadi stakeholder mendukung penuh sistem zonasi ini.

3. Wajib belajar merupakan wajib terima seluruh anak didik

Mengenal Sistem Zonasi Ala Jepang! Tidak Ada Les?

Karena program wajib belajar 9 tahun, adalah pemerintah harus menerima semua calon murid SD dan Sekolah Menengah pertama bagaimanapun kondisinya. Makanya tidak heran, anak yg berkebutuhan khususpun diterima pada sekolah negeri. Pemerintah menyediakan guru khusus buat mereka.

Karena pemerintah harus menerima seluruh calon anak didik maka jumlah demand dan supply diperhatikan. Tidak terdapat anak yang tidak kebagian bangku sekolah.

Ketika kami pindah ke Jepang dan memasukkan sekolah anak yg paling besar , sekolah menerima tanpa kondisi, tidak ribet, tidak diminta surat pindah, nilai raport juga nir ditanya. Hanya mengisi formulir. Yang paling besar saat itu diterima di kelas 4 Sekolah Dasar dan adiknya kelas 3.

Begitupun ketika anak kami yang paling akbar lulus Sekolah Dasar. Tidak ada kondisi akademik apapun buat masuk SMP, tidam ribet & nir menguras emosi. Anak kelas 6 Sekolah Dasar tidak tertekan mempersiapkan UN. Siswa baru bersaing ketat waktu memasuki SMA. Biayanyapun telah tidak gratis lagi karena sudah nir masuk kategori harus belajar.

4. Dengan kualitas yg sama seperti ini, tidak terdapat labelisasi dalam sekolah eksklusif

Mengenal Sistem Zonasi Ala Jepang! Tidak Ada Les?

Tidak ada sekolah favorit, sekolah terakreditasi A, sekolah contoh, sekolah percontohan, sekolah bertaraf internasional dll. Semua sekolah sama baku mutunya. Orang tua & anak didik tidak terdapat yang minder atau jumawa anak nya sekolah pada sekolah eksklusif.

5.  Persiapan yang matang

Mengenal Sistem Zonasi Ala Jepang! Tidak Ada Les?

Sistem ini berhasil di Jepang karena pemerintah telah mempersiapkan seluruh menggunakan baik. Seluruh infrastruktur sekolah & sumber daya terintegrasi menggunakan sangat baik. Dan sistem ini hanya berlaku bagi Sekolah Dasar & SMP yang masuk kategori harus belajar.

Menariknya, pemerintah kita mencoba menduplikasi sistem zonasi ala Jepang. Ini sebuah semangat yg sangat baik untuk menghapus image sekolah favorit. Pertanyaannya, apakah kita telah mempunyai infrastruktur sekolah & asal daya manusia yang memadai? Antara demand & supply apakah sudah seimbang? Teman teman di tanah air saat ini tentu lebih bisa menjawabnya.

Oleh : Yesi Elsandra

Tinggal di Kanazawa, Jepang.

Mengenal Sistem Zonasi Ala Jepang! Pasukan Berjaket Kuning? in your computer by clicking resolution image in Download by size:. Don't forget to rate and comment if you interest with this wallpaper.

Tags: