Pelaksanaan Pembelajaran Bahasa Daerah di SMP

Pelaksanaan Pembelajaran Bahasa Daerah di SMP is free HD wallpaper. This wallpaper was upload at October 16, 2018 upload by carlespen in Download.

Pelaksanaan Pembelajaran Bahasa Daerah di SMP
Pelaksanaan Pembelajaran Bahasa Daerah di SMP

Download by size:Handphone Tablet Desktop (Original Size)

2. Pelaksanaan Pembelajaran Bahasa Daerah di SMPN 1 Peudada Kabupaten Bireuen

Banyaknya Bahasa Daerah yang muncul di Indonesia merupakan salah satu imbas dari banyaknya suku dan etnis yang terdapat di Indonesia. Sebagian besar suku-suku tersebut memiliki bahasa sendiri yang digunakan untuk berinteraksi sehari-hari di dalam kehidupan masyarakat. Apalagi suku-suku besar seperti Jawa, Sunda, Batak, Minang, Aceh  dan sebagainya, pasti memiliki bahasa sendiri. Bahasa tersebut menjadi identitas, ciri khas, dan kebanggaan suku mereka.

Akan tetapi, Bahasa Daerah bukan hanya sekedar simbol atau lambang identitas, ciri khas, dan kebanggaan saja, melainkan juga sebagai alat pemersatu bagi pemilik bahasa itu. Misalnya Bahasa Aceh yang merupakan bahasa daerah masyarakat Aceh merupakan alat pemersatu bagi seluruh orang Aceh, baik yang terdapat di Aceh, maupun orang Aceh yang terdapat di perantauan. Oleh karena pentingnya keberadaan Bahasa Daerah itulah, perlu diadakan usaha-usaha untuk merevitalisasi Bahasa Daerah yang akhir-akhir ini mulai “tersisihkan”. Jangan sampai bahasa daerah musnah karena ditinggalkan oleh penuturnya, karena musnahnya bahasa daerah tersebut juga mengindikasikan musnahnya pula satu peradaban manusia di dunia ini.

Adapun pelaksanaan pembelajaran Bahasa Daerah diSMP Negeri 1 Peudada dapat dilihat pada tabel berikut ini:

Tabel 4.1. Apakah pembelajaran Bahasa Daerah berjalan dengan baik.

No

Alternatif Jawaban

Frekwensi

Persentase

a.

b.

c.

Ya

Tidak

Kadang-Kadang

5

1

1

71,4 %

14,2 %

14,2 %

Jumlah Total

7

100 %

Dari tabel diatas dapat diketahui bahwa sebagian besar guru Bahasa Daerah SMP Negeri 1 Peudada Kabupaten Bireuen dapat mengajar pembelajaran Bahasa Daerah dengan baik. Hal ini dapat terlihat bahwa 71,4 % responden memilih alternatif jawaban ‘ya’ dan sangat sedikit responden memilih alternatif jawaban kadang-kadang atau tidak. Sehingga dapat diketahui bahwa pembelajaran Bahasa Daerah SMP Negeri 1 Peudada Kabupaten Bireuen berjalan dengan baik.

Tabel 4.2.   Dalam pembelajaran Bahasa Daerah, apakah murid belajar                       dengan tekun.

No

Alternatif Jawaban

Frekwensi

Persentase

a.

b.

c.

Ya

Tidak

Kadang-Kadang

4

2

1

57,1                    28,4

14,2

Jumlah Total

7

100 %

Berdasarkan tabel diatas dapat diketahui bahwa 57,1 % murid SMP Negeri 1 Peudada Kabupaten Bireuen belajar Bahasa Daerah dengan tekun, dan 28,4 %  responden memilih alternatif jawaban tidak, dan hanya 14,2 % responden memberikan jawaban kadang-kadang. Sehingga dapat diketahui bahwa murid SMP Negeri 1 Peudada Kabupaten Bireuen dapat belajar dengan tekun pada pembelajaran Bahasa Daerah SMP Negeri 1 Peudada Kabupaten Bireuen.

Tabel 4.3.   Dalam pembelajaran Bahasa Daerah, apakah bapak/Ibu merasa senang saat mengajar.

No

Alternatif Jawaban

Frekwensi

Persentase

a.

b.

c.

Ya

Tidak

Kadang-Kadang

3

1

3

42,8                   14,2

42,8

Jumlah Total

7

100 %

Berdasarkan tabel diatas dapat diketahui bahwa 42,8 % responden memberikan jawaban bahwa mereka merasa senang pada saat mengajar pelajaran Bahasa Daerah, dan 14,2 %  responden memilih alternatif jawaban tidak, dan hanya 42,8 % responden memberikan jawaban kadang-kadang merasa senang saat mengajar pembelajaran Bahasa Daerah.

Pelaksanaan Pembelajaran Bahasa Daerah di SMP in your computer by clicking resolution image in Download by size:. Don't forget to rate and comment if you interest with this wallpaper.