Pentingkah Social media Untuk Usaha BUMDes?

Pentingkah Social media Untuk Usaha BUMDes? is free HD wallpaper. This wallpaper was upload at October 01, 2018 upload by carlespen in Download.

Pentingkah Social media Untuk Usaha BUMDes?
Pentingkah Social media Untuk Usaha BUMDes?

Download by size:Handphone Tablet Desktop (Original Size)

Pentingkah Social media Untuk Usaha BUMDes?

Badan Usaha Milik Desa yang selanjutnya disingkat dengan BUMDes merupakan sebuah badan yang dimiliki oleh desa yang berfungsi untuk mendapatkan pendapatan asli desa (PAD) dengan menjalankan unit usaha.

Sebuah Unit usaha tentunya memiliki tujuan yang jelas untuk memperoleh keuntungan dari hasil usaha yang telah dijalankannya. Ini berlaku juga untuk Unit Usaha BUMDes yang tentunya menargetkan keuntungan yang tinggi, guna lebih meningkatkan kesejahteraan masyarakat.

Namun yang menjadi pertanyaannya adalah pentingkah social media dalam membantu kesuksesan usaha BUMDes? Berikut ini beberapa ulasan penulis, pentingnya social media Untuk Usaha BUMDes:

1. Mencari Tahu Lebih Banyak Mengenai Pelanggan

Salah satu kunci sukses setiap jenis usaha adalah dengan mengenal pelanggannya lebih dekat. Sosial media membuat proses pengenalan ini menjadi lebih mudah dibandingkan dengan sebelumnya.

Dengan perangkat pendukung yang ada, kini bisa mengetahui dengan terperinci mengenai siapa saja konsumen, bahasa yang mereka gunakan, rentang usia, bahkan jenis kelamin dari sosial media.

Informasi ini dapat membantu proses branding dan promosi kepada target konsumen yang tepat sasaran. Manfaatkan juga trend usia pengguna pada masing-masing sosial media, sebagai acuan dalam memilih unit usaha BUMDes. Dengan target yang tepat diharapkan memberi keuntungan lebih besar.

2. Target Konsumen Lebih Efektif

Geo-targetting merupakan langkah yang efektif bila ingin mengirimkan pesan kepada target konsumen secara spesifik berdasarkan lokasi mereka.

Sosial media seperti Twitter dan Facebook memiliki perangkat pendukung yang membantu untuk menyajikan informasi yang sesuai bagi konsumen.

Sebagai contoh jika kita memiliki bisnis perjalanan wisata dan ingin melakukan promosi melalui instagram, postingan foto Kita bisa dilengkapi dengan fitur location atau #hashtag.

Manfaatkan fitur location Instagram untuk memasarkan bisnis Kita dengan lebih tertarget. Dengan demikian, audiens yang ingin mengunjungi lokasi wisata tersebut bisa tertarik dan memiliki kemungkinan untuk menjadi konsumen.

3. Membantu Menemukan Konsumen Baru dan Memperluas Target Pasar

Sosial media seperti Instagram membantu bisnis kecil untuk menemukan konsumen dan mencari konsumen yang potensial. Jika Kita ingin mencari konsumen dengan lokasi yang berdekatan dengan Kita, pencarian berdasarkan lokasi terdekat bisa dilakukan dengan Instagram. Selanjutnya Kita akan menemukan calon konsumen yang bisa dihubungi sehubungan dengan promosi bisnis Kita. Kita bisa menggunakan fitur location agar mudah ditemukan calon konsumen yang dekat dengan lokasi bisnis Kita. Lalu untuk mencari konsumen, seperti sebelumnya Kita bisa memanfaatkan #hashtags yang terkait dengan bisnis kita, kemudian gunakan untuk menemukan calon konsumen yang sesuai. Follow/like/comment postingan mereka agar mereka bisa tahu mengenai produk/brand Kita.

Dimana pun Kita berada, baik dalam maupun luar negeri, selama Kita dan calon konsumen memanfaatkan sosial media yang sama, maka kedua pihak dapat tetap bertemu dan melakukan transaksi.

4. Memudahkan dalam Memberikan Feedback Secara Langsung

Sosial media untuk bisnis memberikan Kita akses kepada feedback positif maupun negatif dari konsumen, yang merupakan informasi berharga dari sudut pkitang konsumen. Sebagai contoh, jika Kita meluncurkan produk baru dan di bagikan melalui sosial media, maka secara instan Kita bisa langsung mengetahui pendapat konsumen. Cara lain untuk mengetahui perspektif konsumen adalah dengan mempelajari bagaimana cara mereka menggunakan produk Kita. Dengan adanya Fanpage pada Facebook misalnya, konsumen bisa langsung memberikan saran/kritik/pertanyaan pada kolom komentar atau mengirim pesan mengenai produk/layanan Kita. Dengan begini respon konsumen terhadap aspek apapun pada bisnis Kita bisa terlihat dengan jelas. Hasilnya bisa Kita gunakan untuk melakukan improvisasi terhadap kualitas bisnis Kita.

5. Membantu Meningkatkan Pengunjung Website dan Ranking Search Engine

Salah satu keuntungan terbesar dari sosial media bagi bisnis adalah meningkatkan jumlah pengunjung website. Namun tidak hanya kunjungan yang bisa Kita dapatkan. Apabila informasi yang mereka temukan pada website Kita bermanfaat, mereka akan melakukan ‘share’ di sosial media. Meskipun tidak signifikan tetapi media sosial juga bisa meningkatkan ranking website dengan memberikan sinyal positif kepada search engine. Salah satu faktor penentu kekuatan SEO sebuah website adalah backlink berkualitas dan traffic, dan dengan sosial media Kita bisa mendapatkan kedua hal ini sekaligus. Backlink berkualitas adalah ketika link yang menuju ke website Kita berasal dari website dengan kualitas yang baik.

Sosial media pada umumnya tergolong sebagai website dengan kualitas yang sangat-sangat baik, hal ini tentu memberi efek positif bagi aspek SEO website Kita. Sama halnya dengan traffic. Jika konten yang Kita share di sosial media dinilai menarik oleh pengguna, maka Kita akan mendapatkan banyak traffic dari website yang berkualitas pula. Inilah efek positif tidak langsung dari sosial media terhadap SEO.

6. Bagikan Informasi Lebih Cepat dengan Sosial Media

Sebelumnya proses pemasaran mengalami kendala untuk menyajikan informasi kepada konsumen dalam waktu yang singkat. Kini dengan adanya sosial media, penyampaian informasi kepada konsumen menjadi lebih mudah dan cepat. Saat Kita menggunakan sosial media untuk bisnis, khususnya untuk membagikan informasi mengenai bisnis Kita, cukup klik tombol ‘share’ pada setiap sosial media yang digunakan. Ingat, pastikan bahwa informasi yang Kita bagikan sesuai dengan minat target konsumen Kita.

Search engine membutuhkan waktu berjam-jam bahkan hari atau minggu agar konten yang baru Kita posting bisa muncul di halaman pencarian. Tidak seperti sosial media yang bisa menampilkan dengan real time. Apapun yang Kita posting di sosial media maka akan langsung muncul di timeline follower Kita, sehingga bisa langsung menghasilkan traffic ke website bahkan penjualan.

7. Membantu Konsumen Menjangkau Bisnis Kita

Sosial media mampu menjangkau siapapun yang menggunakannya, terlepas apakah itu calon konsumen ataupun bisnis lain yang juga membutuhkan jasa atau produk bisnis Kita. Mereka dapat memanfaatkan sosial media dalam melakukan pencarian produk atau jasa yang mereka butuhkan. Kini pengguna smartphone semakin meningkat bersamaan juga dengan akses ke sosial media, alasannya sederhana yakni karena lebih praktis.

Begitu pula dengan pencarian produk atau brand, kini konsumen selalu berusaha mencari informasi sebuah brand di sosial media. Hal ini biasanya dilakukan sebelum memutuskan untuk membeli atau menggunakan suatu produk. Konsumen melakukan hal ini untuk mencari tahu reputasi brand Kita di sosial media, seperti berapa banyak follower, seperti apa komentar konsumen lain, informasi produk terbaru dan hal lainnya.

Selain untuk melihat reputasi, konsumen juga menggunakan sosial media untuk mengukur seberapa terpercayanya brand Kita. Oleh karena itu sosial media penting, karena berada di salah satu tahap yang mendukung keputusan pembelian konsumen.

8. Lebih Dekat dengan Konsumen Melalui Sosial Media

Sosial media merupakan sarana yang sesuai untuk menciptakan hubungan dengan konsumen Kita. Contohnya, sosial media membantu bisnis agen perjalanan wisata untuk berkomunikasi dengan wisatawan. Hubungan dengan konsumen dibangun sebelum, pada saat, dan setelah konsumen menggunakan jasa mereka.

‘Sebelum’ adalah pada saat calon wisatawan melakukan riset mengenai lokasi wisata/jasa di sosial media. ‘Pada saat’ adalah ketika wisatawan berada di lokasi wisata dan ‘setelah’ adalah ketika wisatawan selesai berwisata dan memosting konten mereka pada saat liburan. Komunikasi semacam ini sangat memungkinkan dilakukan melalui sosial media saat ini dibandingkan hanya melalui pemasaran konvensional.

9. Meningkatkan Brand Awareness dan Promosi dengan Biaya yang Minim

Sosial media membantu bisnis Kita untuk meningkatkan brand awareness dengan biaya yang bisa dibilang hampir tidak ada. Biaya yang sangat diperlukan untuk hal ini adalah waktu. Pasalnya membangun brand dengan sosial media setidaknya membutuhkan tenaga, proses dan waktu yang tidak singkat. Meskipun tanpa biaya, yang dimaksud disini adalah ketika Kita benar-benar melakukan promosi di sosial media tanpa menggunakan iklan. Hal ini sangat mungkin dilakukan dan hasilnya bisa jauh lebih baik daripada mengkitalkan iklan..

Demikianlah penjelasan penulis tentang Pentingkah Social media Untuk Usaha BUMDes? semoga ulasan penulis ini bermanfaat. Salam Juragan Berdesa…

Pentingkah Social media Untuk Usaha BUMDes? in your computer by clicking resolution image in Download by size:. Don't forget to rate and comment if you interest with this wallpaper.