Solusi Implementasi Evaluasi Pembelajaran Kurikulum 2013

Solusi Implementasi Evaluasi Pembelajaran Kurikulum 2013 is free HD wallpaper. This wallpaper was upload at September 21, 2018 upload by carlespen in Download.

Solusi Implementasi Evaluasi Pembelajaran Kurikulum 2013
Solusi Implementasi Evaluasi Pembelajaran Kurikulum 2013

Download by size:Handphone Tablet Desktop (Original Size)

A. Solusi Implementasi Evaluasi Pembelajaran Kurikulum 2013

di SD Negeri 3 Pandrah

Solusi adalah jalan keluar untuk mengatasi suatu masalah yang terjadi, baik masalah itu bersifat intern dan ekstern. Solusi yang dianggap tepat untuk mengatasi permasalahan yang terjadi di SD Negeri 3 Pandrah dalam implementasi evaluasi pembelajaran kurikulum 2013. Berdasarkan hasil observasi penulis di SD Negeri 3 Pandrah bahwa bahwa perbaikan mutu guru dan penyediaan buku paket merupakan solusi efektif dalam penerapan kurikulum 2013 di SD Negeri 3 Pandrah”.[1]

1.     Guru

Menurut Heryati, Guru SD Negeri  3 Pandrah, “perlu ada peningkatan kompetensi guru dalam metode pembelajaran dengan  berbagai upaya pelatihan guru. Kegiatan ini bisa bentuk  workshop dengan sistem klinik dan aplikasi langsung”.[2] Metode lesson study bisa disarankan dan melalui pendampingan yang intensip oleh guru inti, pengawas sekolah dan Tim Pengembang Kurikulum Kabupaten. Hal ini juga perlu ditegaskan bahwa metode saintifik bukan satu-satunya metode yang dapat digunakan dalam pembelajaran karena tidak ada satu metode pun yang paling baik untuk semua.

2.     Buku

Buku merupakan sarana yang sangat penting dalam proses pembelajaran. Berdasarkan wawancara dengan Ibu Elly Nursaputri, Guru SD Negeri  3 Pandrah, “Pemerintah mempersiapkan buku pegangan guru serta memberikan Rencana Pelaksanaan Pembelajaran secara komplit sebagai solusi implementasi kurikulum 2013 di SD Negeri 3 Pandah”.[3]

3.     Siswa

Berdasarkan wawancara dengan Bapak Zainuddin Adamy, Kepala SD Negeri  3 Pandrah, menurutnya “guru harus memberikan motivasi kepada siswa agar aktif mengungkapkan keberaniannya untuk berpendapat secara spontan. hal ini di karenakan kurikulum 2013 menuntut siswa untuk bisa mengamati, aktif bertanya, mencobam dan mengeksplorasi tema pembelajaran. Untuk hal ini jelas guru pun dituntun untuk menciptakan pengajaran yang inovatif dan aplikatif. Yang melibatkan siswa secara langsung dalam pembelajaran, sebagai pusat pembelajaran”.[4] Inilah tugas berat persiapan penerapan kurikulum 2013, mengubah mindset guru sesuai dengan yang dikehendaki Kemendikbud.

Pembelajaran mendorong siswa menjadi pembelajar aktif, pada awal pembelajaran guru tidak berusaha untuk memberitahu siswa karena itu materi pembelajaran tidak disajikan dalam bentuk final. Pada awal pembelajaran guru membangkitkan rasa ingin tahu siswa terhadap suatu fenomena atau fakta lalu mereka merumuskan ketidaktahuannya dalam bentuk pertanyaan. Jika biasanya kegiatan pembelajaran dimulai dengan penyampaian informasi dari guru sebagai sumber belajar, maka dalam pelaksanaan kurikulum 2013 kegiatan inti dimulai dengan siswa mengamati fenomena atau fakta tertentu. Oleh karena itu guru selalu memulai dengan menyajikan alat bantu pembelajaran untuk mengembangkan rasa ingin tahu siswa dan dengan alat bantu itu guru membangkitkan rasa ingin tahu siswa dengan bertanya.

[1] Hasil Observasi Penulis SD Negeri  3 Pandrah, 09 Oktober 2015.

[2] Heryati, Guru SD Negeri  3 Pandrah, Wawancara di  SD Negeri  3 Pandrah, 09 Oktober 2015.

[3] Elly Nursaputri, Guru SD Negeri  3 Pandrah, Wawancara di  SD Negeri  3 Pandrah, 09 Oktober 2015.

[4] Zainuddin Adamy, Kepala SD Negeri  3 Pandrah, Wawancara di  SD Negeri  3 Pandrah, 10 Oktober 2015.

Solusi Implementasi Evaluasi Pembelajaran Kurikulum 2013 in your computer by clicking resolution image in Download by size:. Don't forget to rate and comment if you interest with this wallpaper.