Upaya-upaya yang Diperlukan Dalam Rangka Mengefektifkan Penggunaan Media dalam Pembelajaran Pendidikan Agama

A. Upaya-upaya yang Diperlukan Dalam Rangka Mengefektifkan Penggunaan Media dalam Pembelajaran Pendidikan Agama pada SMP Fatih Bilingual School

Berdasarkan hasil wawancara dengan kepala sekolah Bapak Angky Seffyanto, beliau mengatakan bahwa sekolah setiap saat berupaya mendorong setiap guru mata pelajaran untuk menggunakan media sebagai alat bantu pembelajaran. Upaya lainnya yang dilakukan sekolah adalah memberikan pelatihan pribadi bagi guru yang tidak mengerti peggunaan software-software terbaru.

Sekolah juga mengadakan semacam musyawarah guru mata pelajaran untuk mengevaluasi kendala-kendala apa saja yang dihadapi guru ketika menggunakan media dalam proses belajar mengajar sehingga antara guru-guru dapat memberikan solusi atau masukan kepada guru lain mengenai bagaimana sebaiknya penggunaan media dilakukan secara efektif. Musyawarah guru mata pelajaran ini dilakukan setiap minggu.

Penggunaan media sebagai alat bantu pembelajaran dirasakan sangat membantu kelancaran proses belajar mengajar. Oleh karena itu sekolah Fatih Bilingual School mulai tahun ini sudah bisa menyediakan perangkat laptop untuk masing-masing guru bidang. Untuk lebih memudahkan presentasi materi di setiap ruang kelas juga sudah disediakan LCD Proyektor, sehingga guru bisa langsung memberikan materi dengan baik. Sekolah juga menyediakan fasilitas internet sebagai sumber belajar. Guru dan siswa dapat menggunakan internet untuk mencari bahan pembelajaran yang mungkin tidak ada dalam silabus resmi.

Walaupun tidak dilakukan pelatihan secara khusus bagi guru untuk menggunakan media, sekolah tetap memberikan pelatihan secara pribadi bagi guru yang mungkin belum mahir dalam menggunakan media sebagai alat bantu pembelajaran. Pelatihan pribadi itu bisa dengan bertanya kepada sesama guru maupun kepada staff yang menangani multimedia.